Hari 3 : Kegiatan Silaturahmi Ke Perangkat Desa oleh Seluruh Peserta KKN

Selopuro, Rembang - Desa Selopuro adalah Desa yang terdapat pada Kota Rembang yang dibagi menjadi 5 Dusun berbeda yaitu Dusun Klindon, Gepuro, Ngadangan, Topar dan Tulis. Desa Selopuro memiliki cakupan wilayah yang cukuup luas sehingga pada kesempatan ini peserta KKN di bagi menjadi 6 kelompok yang akan disebarkan pada tiap-tiap Dusun yang telah ditentukan.
Selaturahmi Peserta KKN PPM UNIMUS kepada perangkat Desa Selopruo, Lasem
Kelompok 3 yang bersilaturahmi di Keluarga Pak Pardam Selaku Kadus Klindon, Selopuro

Sabtu (7/8/2015) menjadi hari ketiga dimana para peserta KKN melaksanakan tugasnya antara tanggal 5 - 27 Agustus 2015 atau tepatnya 22 Hari. Pada hari ketiga tersebut peserta yang sedang menjalankan KKN di Desa yang memiliki Kecamatan Lasem menjadi ajang kegiatan silaturahmi sekaligus sosialisasi mengenani program KKN PPM di Desa Selopuro.

Setiap kelompok bersilaturahmi kepada Kepala Dusun yang telah ditentukan masing-masing kemudian ke perangkat Desa lainya, Ketua RW sekaligus ketua RT.

Tak hanya sekedar ajang silaturahmi seluruh peserta juga sekaligus melakukan pendataan warga untuk persiapan pemilihan daerah yang akan dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Setiap kelompok mensurvei mengenai apakah ada penambahan penduduk, pengurangan penduduk ataupun lainya yang telah di tentukan.

Namun setiap kelompok ada kegiatan masing-masing, Adda bisa melihat kegiatan lebih lengkapnya pada hari ke 3 KKN PPM UNIMUS di Desa Selopuro berdasarkan kelompok dibawah ini :



Kelompok 1
Hari jum’at 8 agustus 2015, ini hari ke tiga kami melakukan KKN PPM di desa Selopuro Lasem Rembang, disinikami melakukan masing – masing kegiatan per kelompok kami dari kelompok satu ( pristy, Gia, Intan, Faiz, Ali )  yang kebagian dukuh Ngadangan melakukan beberapa kegiatan di pagi hari mulai dari jam 08:00kami mengadakan breafing yang hasilnya kami membagi kedalam 2 grup kelompok kami tim pertama melakukan koordinasi ke TPQ nuzul Qur’an dengan hasil kita dapat ikut mendampingi para guru TPQ untuk mengajar dan untuk hasil selanjutnya akan di diskusikan oleh ketua yayasan lagi yang selanjutnya akan di informasikan kembali kepada kami.tim kedua ( Pristy dan Gia ) bertugas untuk koordinasi dengan SD 1 Selopuro dengan hasil bahwa Program School Flora akan di adakan pada hari sabtu, 15 Agustus 2015 yang akan diikuti oleh siswa kelas 3 dan kelas 4. Untuk bahn – bahan yang kurang akan di siapkan oleh kelompok kami dan di bantu oleh tukang kebun yang bekerja di SD1 selo Puro Lasem Rembang.

Pada jam 10:00 setelah kami selesai koordinasi kami berkumpul lagi di rumah kos kami dan selanjutnya kami melakukan kunjungan dan koordinasi dengan ketua RW 5 sampai menjelang solat jum’at, dengan hasil kami mendapat izin untuk melakukan kegiatan di dukuh ngandangan.

Di sore harinya kami melakukan kunjungan ke ketua ibi – ibu PKK untuk membahas kegiatan apa saja yang terdapat di PKK dan mengkoordinasikan kapan kita akan mengisi program kita untuk pembuatan Kompos Takakura. Pada tanggal 24 Agustus kamn masalah yang terjadi  akan mengadakan sosialisasi pembuatan kompos Takakura di PKK Rt 5 dan Rt6 dukuh ngandangan.

Di malam harinya kita mengadakan rapat besar yang diikuti oleh semua kelompok KKN dengan pembahasan hasil dari kegiatan selama sehari ini di masing – masing kelompok yang di lanjutkan dengan membahas permasalahan yang ada serta bagaimana pemecahan solusinya.

Kelompok 2
Matahari pagi ketiga kami mengawali langkah kelompok 2 yang masih beanggotakan 5 orang : Andika, Tyas, Tati, Misbah, Luluk, Dian. Sejuk udara pagi mengiringi jalan kami menuju pasar Tulis, bermaksud membeli bahan dan alat praktik kami untuk program penyuluhan & pembuatan pupuk kompos cair dan keamanan pangan. Sebut saja Ember, dedak, keran, gula, dll. Lanjut pada jam 09.00 kami beserta kelompok 2 melakukan kunjungan kerumah ketua RT Dukuh tulis sebanyak 3 RW dan 9 RT. Kamipun mendapat tanggung jawab pada RT 1 RW 1, RT 2 RW 1, RT 3 RW 1 dan RT 1 RW 2. Menjelang sore sekitar pukul 15.00 kami membuat wadah untuk pupuk kompos yang akan dijadikan salah satu program kami. Persiapan bahan-bahan kami dilakukan sampai pukul 17.30 sore.
Malampun tiba, bakda isya kami datang menemui masing-masing ketua RT untuk mendapatkan data terbaru sensus penduduk dimasing-masing RT, kurang lebih kami bersilaturahmi sampai pukul 21.00.

Kelompok 3
Mentari pagi sinarkan cerahnya untuk mengawali hari ke- 3 KKN kami. Berkunjung dan membantu membersihkan tempat bimbel di dukuh nglindon. Bukan tempat yang besar namun cukup untuk sekedar menshare pengetahuan kami. Usai membersihkan tempat bimbel kami bergegas menuju rumah pak RT 04 dusun Nglindon dengan bersilaturahmi di rumah pak Mustafa, sayup-sayup lagu dangdut kas pantura mengiringi jalan kami menuju rumah beliau, beberapa informasi pun kami dapatkan mulai data penduduk yang bermukim di wilayah beliau sekitar 22 KK yang dulunya merupakan lahan kaplingan biasa baru 10 tahunan menjadi pemekaran wilayah RT di dusun Nglindon. Belum ada catatan penambahan atau pengurangan penduduk di RT ini. Kemudian kami cukupkan silaturahmi, usai itu kami menuju kerumah pak Yakub yang merupakan ketua RT 03 masih sama dengan luaran yang kami inginkan yaitu pendataan warga setempat untuk penambahan dan pengurangan penduduk.

Pagi pun usai dan kami menyudahi kegiatan pagi ini mengingat hari jumat sehingga kami harus bergegas pulang asrama dan beribadah jumatan. Jam setengah dua kami mencoba menyambung bersilaturahmi ke RT lain, sayang kurNg beruntungnya kami tak bertemu ketua RT nya, tanpa membuang waktu kami beranjak pergi ke vihara atas rekomendasi warga setempat. Cerita seru kamipun dimulai di vihara ini, dengan berbagai perjuangan akhirnya kami sampai di top vihara yang merupakan replika candi borobudur. Tanpa menyesal dan membuang waktu kami berfoto mengabadikan kebersamaan kami (Juwita, Fandi,Uswa, Rina, Mugni).
Kegiatan Kelompok 3
Sembari melepas penat kami melepas lelah dan kembali ke dusun untuk mengajar bimbel perdana kami. Alhamdulillah 13 anak mengawali jihad kami di bidang ilmu pengetahuan, dengan gaya manja anak-anak kami menyesuaikan diri untuk mengajar. Waktupun berlalu dan senja mulai datang menyudahi pertemuan pertama kami. Barakallahfiq... ^_^

Kelompok 4
Mengawali hari pertama setelah pembukaan KKN PPM di Desa Selopuro, kelompok 4 yang beranggotakan Bima Bayu, Fathikatul Arnanda, Kemala Setya Rini, Khoirul Alfiani dan Sutiyarsih melaksanakan kegiatannya di Dusun Topar. Hari ini kelompok kami melaksanakan pendataan penduduk dusun topar sekaligus menginput kedalam software. Dengan dibimbing oleh bapak Suyanto selaku kepala dusun, kelompok 4 melaksanakan tugasnya dibalai kelurahan. Kemudian agenda yang dilakukan kelompok 4 yaitu silaturahmike ketua RW dan RT yang berada di dukuh Topar.

Kami dalam melaksanakan tanggungjawab kami bekerja sama dengan kelompok 3 melakukan silaturahmi ke SD Selopuro 1 sembari mempromosikan dan memaparkan berbagai program-program yang akan kami fokuskan di SD Selopuro mengenai School Flora dan Bimbel.

Kelompok 5
Kami awali kegiatan kami pukul 09.00 untuk membuat sampel praktik hidroponik (pupuk organic dan anorganik) dengan agenda pertama kami yaitu mencari bahan yang kami butuhkan untuk membuat larutan nitrogen. Usai praktik kami lanjutkan berkoordinasi dengan Kepala Dusun Gepuro tentang ketua RW dan RT di Dusun yang merupakan tanggungjawab kami. Siangpun berlalu dan kami bergegas menuju Ketua RT 1 dan RT 2 bukan sekedar bersilaturahmi menyambung persaudaraan kamipun bermaksud melakukan pendataan penambahan dan pengurangan penduduk warga Gepuro yang merupakan tugas pertama di masing-masing kelompok KKN sekitar jam 3 sore sampai menjelang magrib kami berbincang dan berdiskusi mengenai kependudukan. Malamnya kami mengunjungi Ibu fitri yang merupakan pengasuh TPQ setempat, silaturahmi kami lanjutkan ke kediaman mas aris yang menjadi mualaf sekaligus ketua remaja muslim dukuh Gepuro.

Kelompok 6
Kami dari kelompok 6 memiliki berberapa agenda yang telah kami laksanakan, diantaranya adalah pada pagi ini 08.00 kami telah melakukan rapat koordinasi antara kelompok 2 dan kelompok 6, selanjutnhya pada pukul 09.00 kami bertemu dengan pak karyono selaku ketua RW 02 Dusun Tulis. Di kantor kelurahan Desa Selopuro. Sekitar pukul 10.00 – 11.30 wib kami diantar oleh bapak karyono bersilaturahim ke ketua RT di Dukuh Tulis yang berjumlah 9 RT. Selain bersilaturahim kami juga memperkenalkan siapa kami, apa tujuan kami, sekaligus mengakrabkan diri dengan warga Dusun Tulis. Kemudian pada sore hari, bakda asyar kami koordinasi dengan sesama anggota kelompok 6, sambil praktek mengelola kain perca. Kemudian malam harinya kami berkunjung ke rumah bapak RT 02, RW 02 dilanjutkan berkunjung di rumah pak RT 03, RW 02 dan RT 01, RW 03 Dukuh Tulis.



Penulis : Juwita - Kelompok 3 Dusun Klindon

0 Response to "Hari 3 : Kegiatan Silaturahmi Ke Perangkat Desa oleh Seluruh Peserta KKN"

Posting Komentar