ENAKNYA ANEKA MAKANAN DARI BUAH LABU

ENAKNYA ANEKA MAKANAN DARI BUAH LABU

Minggu, 23 Agustus 2015

Minggu 23Agustus 2015. Agenda kami pada hari ini yaitu pendampingan pengolahan buah kawis di masing – masing dukuh. Pendampingan ini bertujuan untuk membuat berbagai macam produk dari kawis dan labu untuk di pamerkan ke bazar yang dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2015.
Adzan berkumandang dan saatnya kami membuka mata untuk memulai rutinitas kami setelah solat subuh lantas kami bergantian mandi dan sarapan pagi. Jam 06:30 kami mulai kegiatan dengan mengikuti rapat besar yang rutin kami adakan guna membahas kegiatan apa saja yang akan dilakukan setiap kelompok dan ada atau tidaknya kesulitan yang sekiranya dihadapi.
Pendampngan pembuatan aneka macam makanan dari buah kawis dan labu kami mulai dengan menyiapkan bahan – bahan apa saja yang sekiranya kami btuhkan. Dihari pertama pendampingan ini kami membuat empat macam produk yaitu : dodol labu, selai labu, sambal labu dan saus labu. Pendampingan ini kami lakukan di rumah ibu Kiswati yang merupakan ketua posyandu dukuh ngadangan. Diikuti oleh lima anggota ibu posyantu yang lainya laitu ibu min, ibu..., ibu..., .
Sebelum memulai kegiatan tak lupa kami berdoa agar kegiatan yang kami lakukan berjalan dengan lancar dan berkan. Amin. Selanjutnya kami membacakan peraturan perlombaan kepada ibu – ibu lantas ibu – ibu brifing untuk pembuatan aneka makanan dari buah labu. Jenis makanan pertama yang kami buat adalah sambal labu, disusul dengan dodol labu, kemudian selai labu dan saos labu. Sambal labu dibuat dengan bahan : labu, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, benzoat, tomat, pala, cengkih, kayu manis, dan gula. Pertama labu dikukus kemudian di blender sampai halus. Kedua tomat, cabai, bawang merah, dan bawang putih yang telah di rebus ditambah pala, cengkih dan kayu manis di blender juga sampai halus. Ketiga sambal yang telah di blender di sangrai sampai berbau wangi kemudian dimasukan labu yang telah halus. Keempat masukan bahan lain untuk menambah rasa enak pada sambal labu seperti : garam, gula, dan bahan rahasia resep ibu – ibu sendiri yang membuat makanan menjadi lebih enak. Kelima setelah sambal matang masukan benzoat agar makanan tahan lama. Sambal labu ala ibu – ibu Posyandu dukuh ngadangan siap dinikmati.
Produk kedua yang kami buat yaitu dodol labu. Pembuatan dodol ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga yang cukup keras untuk pengadukan sehingga diperlukan kesabaran yang ekstra untuk pembuatan dodol labu ini. Pembuatan dodol labu membutuhkan bahan : labu, tepung ketan, gula merah, gula putih, santan, benzoat dan garam. Sebelum membuat dodol labu kita kukus terlebih dahulu kemudian di blender sampai halus. Tepung ketan juga kita adoni terlebih dahulu. Pertama santan dan gula direbus sampai berminyak. Kedua masukan labu yang sudah halus kemudian tepung ketan yang sudah di adoni di tambah dengan gula merah dan garam. Ketiga setelah dodol hampir matang masukan benzoat sebagai pengawet. Keempat setelah dodol matang cetak dalam loyang setelah dingin kemas dodol semenarik mungkin. Dodol nikmat buatan kelompok satu siap di nikmati.
Produk ketiga yang kami buat yaitu selai labu. Selai labu dibuat dengan bahan : labu, gula, tepung maizena, benzoat. Pertama labu dikukus dan di blender sampai halus. Kedua labu yang sudah halus di masak kemudian di tambah gula dan tepung maizena setelah matang ditambahkan sedikit benzoat. Selai labu siap dinikmati.
Keempat kami membuat saos labu. Saus labu membutuhkan bahan : labu, bawang merah, bawang putih, garam, benzoat, tomat, pala, cengkih, kayu manis, dan gula. Pertama labu dikukus kemudian di blender sampai halus. Kedua tomat, , bawang merah, dan bawang putih yang telah di rebus ditambah pala, cengkih dan kayu manis di blender juga sampai halus. Ketiga sambal yang telah di blender di sangrai sampai berbau wangi kemudian dimasukan labu yang telah halus. Keempat masukan bahan lain untuk menambah rasa enak pada sambal labu seperti : garam, gula, dan bahan rahasia resep ibu – ibu sendiri yang membuat makanan menjadi lebih enak. Kelima setelah saos matang masukan benzoat agar makanan tahan lama. Saos labu ala ibu – ibu Posyandu dukuh ngadangan siap dinikmati.
Pembuatan empat jenis masakan ini selesai sampai jam 16:00 setelahnya kami shering dengan ibu – ibu terkait pembuatan produk ini untuk mempererat tali persaudaraan baru yang kami bentuk sebulan terahir. Sekaligus kami berpamitan karena empat hari lagi kami akan kembali pulang ke semarang untuk melaksanakan tugas kami yang lain. memang sedih rasanya ketiga sudah disayangi oleh orang disekitar kita lantas kita meninggalkanya lagi. Tak apalah yang terpenting kita sudah memberikan yang terbaik menurut kemampuan kita untuk dukuh ini. Banyak harapan kami yang tertinggal disini kami berharap masyarakat disini dapat mendapat pelajaran yang bermanfaat dari kami sehingga mereka dapat mengembangan di desa ini. Terutama untuk pemberdayaan buah kawis karena buah ini merupakan buah khas dari rembang yang perlu di jaga kelestarianya.

Jadwal kegiatan hari ini
No.
Jam
Kegiatan
1
04:30:05:00
Solat subuh
2
05:00 - 06:30
mandi dan sarapan
3
06:30 – 07:00
Rapat besar
4
07:00 - 09:00
persiapan pendampingan pembuatan aneka macam olahan dari buah kawis
5
09:00 - 12:00
pembuatan aneka makanan dari buah labu
6
12:00 - 13:00
ISOMA
7
13:00 - 16:00
melanjutkan pembuatan aneka makanan dari buah labu
8
16:00 - 17:00
Ramah tamah
9
17:00 - selesai
Istirahat


0 Response to "ENAKNYA ANEKA MAKANAN DARI BUAH LABU"

Posting Komentar